titikputih.

15.7.04

Black Pepper Beef Cola

Bahan-bahan:
3/4kg Daging Sapi Murahan
200cc Pepsi Cola*

Bumbu-bumbu:
Lada Hitam
Bawang Merah
Bawang Putih
Bawang Bombay
Kaldu Sapi Bubuk
Garam
Kecap Manis ABC*
Kecap Cina
Saus Tiram

Cara membuat:
Daging sapi di iris kecil kecil lalu dibumbui dengan lada hitam, saus tiram dan garam. Gulingkan, padatkan, dan perlakukan layaknya mencuci baju (dikucek kucek). Rendam daging bersama bumbu bumbu yg tersisa dalam mangkuk berisi Pepsi Cola* dan biarkan selama kira kira 1 episode Buffy: The Vampire Slayer.
Iris keluarga bawang seenaknya (tidak ada aturan khusus), lalu masukan dalam minyak goreng panas. Jangan lupa juga masukan wajan penggorengannya.
Setelah bawang siap (ditandai dengan berdatangannya tetangga yg tergoda oleh aroma masakan), masukan daging bersama Pepsi Cola*-nya. Tambahkan kaldu sapi bubuk, saus tiram, kecap manis, kecap cina, garam, lada hitam, dan bumbu bumbu lain yang kira" tersedia di dapur anda (catt: waktu itu hanya itulah bumbu bumbu yg ada di dapur saya). Jangan lupa bubuhkan sedikit cinta dalam pengadukan semua bumbu.

"Masakan yang enak adalah masakan yang dimasak dengan cinta"
(sumber: "Yoichi: Si anak citarasa")

Aduk semua-nya dengan rata dan santai. Jangan sampai ada yg berceceran! Nanti mama marah, pembantu pundung, dan akhirnya akses ke dapur ditutup - anda tidak diperbolehkan masak lagi.

Saran Penyajian:
Hidangkan bersama Nasi Panas, bawang goreng dan irisan kol + mentimun + tomat. Tambahkan hiasan lainnya, yang masuk akal tentunya, sesuai selera. Patung dada Aristoteles dari Yunani (walaupun aseli) bukan hiasan yg masuk dalam kriteria masuk akal. Tidak juga foto pacar yg ditaruh dalam pigura dari kayu jati.
Kuah sapi dapat disiramkan ke nasi untuk menambah rasa dan color tone di nasi, agar white space yg ada tidak terlalu 'kosong'. Jangan lupa perhatikan juga balance dan komposisi contrast dalam masakan yg anda sajikan.
Masakan ini layak dihidangkan untuk 5 orang. Semakin sedikit semakin baik. Semakin banyak nasi semakin irit.

Catatan:
Jangan takut dengan daging murahan yang liat/alot/keras. Pepsi Cola* akan membuat daging anda empuk. Khasiatnya bisa disetarakan dengan daun pepaya.
Sekian dan terima kasih. Selamat mencoba, selamat bereksperimen, dan... sampaiii jummpaaaa....... [musik: "Movie_Soundtrack_-_Unyil(accoustic_version).mp3"]





*Pepsi Cola and Kecap Manis ABC are trademarks or registered trademarks of their respective company or its subsidiaries. Other trademarks and trade names may be used in this document to refer to either the entities claiming marks and names or to their products. BintangKecil disclaims proprietary interest in the marks and names of others.
Copyright BintangKecil 2004. All right Reserved

0 Comments:

Post a Comment

<< Home