titikputih.

12.2.04

V minus 2

Valentine's day... harinya cinta, harinya kasih sayang, hari pacaran, hari dimana cowok pada ngasih bunga, hari dimana cewek deg-degan, hari dimana para jomblo diserang ketakutan yang akut, hari dimana 'harga jual' dipertaruhkan, hari dimana toko bunga, kartu ucapan dan balon harus menambah stock, hari dimana para pengrajin kartu kagetan bermunculan di pinggir jalan, hari yang... ISTIMEWA

Siapa sih yang mulai?! Gimana pertamanya?! Ternyata gak semudah dugaan saya --soal Saint Valentinus yang dihukum mati gara-gara pengen kawin. Tradisi valentine ini udah ada sejak lama dan dirayakan (terutama di Eropa) bukan untuk St. Valentinus (ato St. Valentine atau.... ??).
(Baca untuk lengkapnya: How Valentine's Day Works)

Terlepas dari semua kontroversi soal asal usul valentine ini, ini adalah beberapa hal yang saya dapet dari i-net soal tradisi valentine di seluruh dunia --seperti biasa.. diterjemahkan dengan asal oleh stormizer (jadi kalo info-nya gak valid ya~ maaf aja. Tapi kira-kira gitu lah) :


Di US dan Kanada, anak anak kecil saling tukar-tukaran kartu valentine (buatan tangan sendiri) sama temen-temennya. Banyak dari mereka mengirim juga kartu lain ke guru atau ortu-nya. Orang-orang yang lebih tua bikin pesta dan kirim kado untuk suami/istri dan pacarnya. Kebanyakan kotaknya berbentuk hati dan diikat pita merah.
Di Eropa, anak anak kecil nyanyi lagu spesial untuk valentine. Di beberapa tempat mereka bikin kue bolu pake biji-bijian, buah plum dan kismis.

Di Italy, perempuan-perempuan yang belom nikah bangun pagi pagi sekali terus duduk dibawah jendela. Katanya (katanya loh..) cowok pertama yang ngeliat dia, bakal nikahin dia tahun depan.
Di Denmark, orang orang kirim bunga putih kering (namanya snowdrops) ke teman-temannya. Cowok-cowok kirim surat sama cewek, tapi mereka gak nulis nama, diganti sama titik sebanyak huruf nama pengirim --stormizer => from: ......... -- Kalo ntar ceweknya bisa nebak nama si cowok, si cowok harus kasih ntu cewek telur paskah (easter egg).

Di Austira cowok 'harus' ngasih bunga sama pacarnya pada tanggal 14 Feb. Sebagian percaya bahwa ini gak ada hubungannya sama St. Valentine's Day, tapi tetep aja melakukannya.
Di Jepang, harinya dua. 14 Feb dan 14 Mar. Bulan Feb, cewek" pada kasih kado sama cowok, ntar bulan 14 Maret-nya (white day) cowoknya harus bales. Gimana kalo cowok-nya dapet kado dari 10 cewek? (mungkin pilih salah satu kali yah :p )

Di Korea juga ada valentine dan white day, tapi ntar (bulan berikutnya) ada juga black day. Cowok-cowok yang cintanya ditolak pada bulan Maret (mungkin antara maret-april masih belum ada jawaban positif), pada makan Mie 'Jajang' rame-rame. Btw, Mie-nya berwarna hitam :D


Ternyata hari ini bukan cuman soal pacaran (stormizer <- baru tahu, dasar kuper). Bahkan di daerah asalnya di barat sono, ini lebih ke acara 'kekeluargaan' daripada acara 'hubungan cinta'.
Saya sendiri sih dari dulu gak menganggap valentine sebagai sesuatu yang HEBAT. Biasa aja. Sama saja dengan hari pendidikan nasional atau hari kartini. Cuma aja hari valentine ini dirayakan (ato mungkin digede-gedein) sama orang diseluruh dunia. Ikut ngerame'in sih iya (mengambil untung dari jualan barang" bgambar hati dan biar gak disangka kuper), tapi kalo terlibat dan menganggapnya PENTING sih nggak --tahun lalu saya pernah punya masalah sama pacar gara-gara ini.

Tapi sbenernya... apa sih pentingnya hari ini? Kenapa waktu itu saya harus berantem cuma gara-gara saya gak bilang 'selamat valentine' dan gak ngasih apa-apa (ciuman jarak jauh juga nggak)? Kenapa kalo hari kartini (21 Apr) atau hari pancasila (1 Juni) saya cuek cuek aja gak apa-apa?
Soal marahan ini mungkin masalah pribadi saya, tapi mungkin somewhere out there pasti ada juga yg punya masalah yang sama (coba aja bayangin kalo cowok kamu kayak saya).

So.. what's the big deal?
Apakah kita butuh hari untuk nyatain cinta? Kenapa nggak tanggal 28 Februari aja? Kenapa harus valentine? Kenapa gak ada yang ngeramein hari berkabung nasional (30 sept) misalnya? Apa kah woman's equality day nggak dianggap penting?

Saya bukannya anti-valentine loh.. cuman saya agak-agak merasa terganggu kalau hari valentine jadi suatu KEHARUSAN yang gak wajar.
Nonton TV liat valentine, denger radio denger valentine, buka majalah baca valentine, jalan-jalan dibombardir sama audio-visual soal valentine, terus akhirnya jadi beli bunga dan ngasih ciuman sama pacar di hari valentine biar dianggap gaul dan menghargai, ini WAJAR.
Tapi kan bukan berarti HARUS. Sebab kalo valentine jadi keharusan dan layak DIPAKSAKAN, berarti bole dong kalo saya MEMAKSAKAN hari lahirnya orde baru (1 Mar) atau hari KORPRI (29 Nov) supaya dirayakan hehe --btw, tadi itu adalah hari-hari penting nasional jaman Pak Harto dulu, gak tahu kalo edisi pemerintahan baru gimana urusannya.


Anyway...
Selamat Hari Valentine!!

ps:
Buat yg jomblo (seperti sayah), jangan kuatir... cinta bukan cuma milik februari, bulan lain juga sah sah saja. Hanya saja memang kalo hari valentine itu bareng-bareng sama orang seluruh dunia, jadi gak terlalu malu :D hehe tenang aja, tunjukan pada dunia bahwa kita para jomblo cukup jantan untuk menyatakan cinta dihari kasih sayang kita masing-masing!
Ingat!! Jadi lelaki itu takdir, jadi jomblo itu pilihan!!



*

0 Comments:

Post a Comment

<< Home